Thursday, January 21, 2016

OTE- OTE SUROBOYO

Jajanan model begini memang merakyat sekali. Dimana-mana ada, harganya murmer dan dosukai banyak orang. . Hanya nama dan bentuknya yang berbeda. Di Jakarta dan sekitarnya, gorengan ini disebut bakwan dengan bentuk pipih. Di Bandung, dia dinamakan bala-bala, bentuknya bulat. Sedangkan Jawa Timur menyebutnya heci atau ote-ote dan bentuknya seperti cawan. Dari sekian banyak bentuk, menurut ilmu penerawangan saya alias selera saya hehehe adalah bentuk cawan.

Ote-otenya tampak menarik, berkelas dan menggugah selera. Mencetaknya juga mudah, semudah resepnya. Resep ini adalah resep yang dulu diajarkan ibu kepada saya.
Oya untuk menikmati ote-ote, orang Surabaya tidak hanya memakai cabe rawit. Ote-ote semakin nikmat bila dicocol dengan sambal petis lho. Bunda mau mencobanya? Yuks ikuti langkah-langkahnya.


Bahan:
2 buah wortel, diiris korek api kecil
1 genggam kecambah / kubis atau dua-duanya
2 batang daun bawanghalus prei, dirajang halus
1 butir telur
200 g tepung terigu
3 sdm tepung beras
Sejumput Royco bila suka
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
1 siung bawang putih
1/2 sdt merica
Garam secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Campur rata  bahan sayur dengan terigu, tepung beras, bumbu halus dan royco.
  2. Tambahkan telur, lalu aduk-aduk lagi.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan cukup kental. Sisihkan.
  4. Siapkan sendok sayur bergagang panjang dan berbahan besi.
  5. Panaskan minyak dalam penggorengan, rendan sendok sayur dalam minyak goreng sampai panas. Tujuannya supaya adonan tidak lengket di sendok sayur.
  6. Angkat sendok sayur, isi degan sedikit minyak panas, lalu isikan adonan ote-ote kedalamnya. Jangan terlalu penuh supaya tidak luber.
  7. Rendam sendok sayur berisi adonan ke dalam wajan, siram-siram permukaannya dengan minyak goreng menggunakan sutil lecil. Kalau permukaan sudah setengah kering, cungkil ote-ote dari sendok sayur memggunakan sutil kecil. Lanjutkan proses menggoreng ote-ote sampai matang.
  8. Untuk ote-ote selanjutnya, bersihkan dahulu sendok sayur dari sisa-sisa adonan yang lengket. Rendam dalam minyak panas sebentar, kemudian mulai lagi seperti no 7. Kerjakan sampai adonan habis.
  9. Untuk membuat sambal petisnya mudah sekali : cabai, garam, bawang putih dihaluskan lalu dicampur dengan 2 atau 3 sendok petis udang. Tambahkan air, aduk rata kemudian rebus dengan api kecil sampai kuah mengental. Nah, ote-ote sudah siap dinikmati dengan sambal petis. Mmmm yummy...





No comments:

Post a Comment